Saya nggak ingat sejak kapan saya menemukan istilah “don’t take anything for granted” yang artinya jangan menganggap remeh apa pun. Orang yang ‘take something for granted’ itu: menganggap segala (kesenangan) yang dia dapatkan sebagai sesuatu-yang-sewajarnya-terjadi. Nggak memberi nilai atau penghargaan terhadap hal itu. Kata lainnya nggak pernah mengapresiasi kebaikan yang ia dapatkan dari orang lain atau pun alam karena menganggap “itu sudah tugasnya!”.

Butuh waktu yang lama ungkapan ini bisa tercerna dalam hidup saya. Butuh kesadaran penuh saat akan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari begitu kesempatan itu datang. Seperti kesehatan, mama, dan papa. Often times i take them for granted. Jadinya saya bersikap semaunya sendiri dan menganggapnya angin lalu.

Saya tiba-tiba teringat istilah ini, saat makan malam (26 April 2018) bareng mama. Ada dua buah ayam goreng dan pelecing sebagai lauk kami bertiga—saya, adik, dan mama. Satu potong untuk saya, dan satu lagi untuk adik saya. Saya bertanya, untuk mama mana? Mama saya bilang, “Mama nggak perlu, buat kalian saja.”

Betapa saya tersentuh dengan tindakan itu. Dalam hati saya memuji dan berterima kasih. Biasanya kita menganggap; yah Ibu memang seharusnya begitu, Ibu mah selalu mendahulukan anak. Jiwa seorang ibu, yang terpenting baginya adalah anak-anaknya. Tetapi makan malam sederhana itu menegur saya, betapa jarang saya mengucapkan terima kasih ‘secara-langsung’ kepada ibu saya. Ya saya selalu bersyukur dan berterima kasih, mendo’akan yang baik-baik namun di dalam hati. Saya jarang menunjukkannya, saya selalu menyimpannya dalam hati lalu berharap kelak saya bisa menyenangkan mereka, atas pengorbanan mereka.

Namun satu saja kesalahan Ibu bisa memburamkan kebaikan-kebaikan ini—that we take for granted. Dan ketika marah, kita bisa menunjukkan rasa marah kita, tapi saat Ibu membuat hari-hari kita terberkati, untuk berucap terima kasih saja sepertinya kok malu.

Semoga kita akan lebih banyak menunjukkan rasa terima kasih kita langsung kepada orang tua kita atau siapa pun juga yang membawa kebaikan dalam hidup kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s